0821-2533-0003 halo@alabaca.com

Tempat Les Privat Calistung Di Condet | Privat Calistung TK, PAUD dan SD | Panggil Guru Calistung dan Beli Modul Belajar Baca Tulis Hitung

Salam Sahabat ALABACA, semoga dalam keadaan sehat ya untuk Ayah dan Bunda juga. Kali ini Tim ALABACA akan membahas Artikel Tema “Tips agar Anak Lancar Membaca” yang di kutip dari laman sharingdisana (dot)com.

Apa saja Tips agar Anak Lancar Membaca?

Masa kanak-kanak merupakan masa yang haus pengetahuan. Membaca adalah salah satu cara untuk mendapat pengetahuan. Maka dari itu, seluruh orang tua wajib menyediakan waktu khusus guna melatih anak agar terbiasa membaca.

Orang tua harus proaktif dalam membiasakan membaca kepada anak semenjak usia dini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai metode menarik dan menyenangkan sehingga anak tidak merasa jenuh saat membaca. Menurut Aulia, dalam buku Revolusi Pembuat Anak Candu Membaca, terdapat beberapa tips yang dapat membantu agar anak menjadi lancar membaca, yaitu :

Membuat perpustakaan pribadi di rumah

Yang harus kita lakukan adalah membuat segala sesuatu yang ada di rumah agar memicu anak untuk menyukai buku. Salah satunya dengan membuat perpustakaan pribadi di rumah. Susun buku dengan rapi dan design perpustakaan tersebut semenarik mungkin agar anak tertarik, jangan letakkan mainan di perpustakaan tersebut karena biasanya anak cenderung memilih mainan daripada membaca.

Membacakan dongeng

Membacakan dongeng pada anak sangat besar manfaatnya. Apalagi kalau kita dapat memilih waktu yang tepat untuk mendongengkan pada anak-anak. Ada baiknya pula kalau kita dapat mempelajari teknik-teknik mendongeng yang baik sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai

Mengajarkan cara menulis

Aktivitas menulis dan membaca mempunyai kaitan yang sangat erat. Ajaklah anak untuk belajar menulis dari hal-hal yang mereka sukai, seperti mewarnai huruf, membuat cerita atau karangan tentang dirinya, kejadian berkesan, dan lain-lain.

Menyediakan poster bergambar

Ajaklah anak belajar menggambar poster dan dan menulis nama tokoh favoritnya. Lalu tempelkan poster tersebut di kamar tidurnya agar anak bisa melihat dan membacanya setiap hari. Otak kanan yang visual bekerja dalam bentuk gambar. Namun, terkadang sulit menuangkan ide gambar tersebut dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, dengan pembiasaan membuat poster bergambar yang disukai anak dapat melatih mereka untuk mempelajari peta pikiran dan menuangkannya ke dalam bentuk gambar.

Memasang poster huruf

Sebelum bisa membaca anak harus diperkenalkan dengan huruf terlebih dahulu. Untuk itu, kita bisa memasang poster bergambar huruf-huruf dengan design yang menarik pada kamar tidur anak. Sehingga anak akan terbiasa melihat dan membaca setiap hari.

Mengajarkan lewat lagu

Upaya ini dalam rangka mengajarkan anak agar selalu ingat dengan huruf-huruf yang menjadi syair lagu tersebut. Kemampuan anak untuk mendengar melalui lagu-lagu akan lebih mudah dipahami karena dilakukan sambil bermain, hati mereka senang, riang gembira.

Sering memberikan hadiah buku kepada anak

Tanamkan dalam hati anak bahwa buku merupakan sesuatu benda yang sangat berharga. Agar anak mencintai dan menghargai sebuah buku, kita bisa memberikan buku sebagai hadiah di hari istimewa anak. Misalnya sebagai kado ulang tahun, naik kelas, nilai ujian bagus dan lain sebagainya. Dan jangan lupa membungkus kado tersebut dengan hiasan-hiasan yang menarik.

Daftarkan anak menjadi anggota perpustakaan

Tanamkan kebanggaan pada diri anak bahwa menjadi anggota perpustakaan merupakan sesuatu yang menyenangkan dan membanggakan. Selain itu anak juga dapat banyak ilmu pengetahuan dengan biaya murah. Hal positif lainnya, kita jadi bisa mengetahui buku yang disukai anak.

Buatlah jadwal membaca

Supaya anak memiliki jadwal membaca, buatlah sebuah jadwal. Kita harus selalu mengajarkan kepada anak agar selalu mengingat jadwal tersebut serta mematuhinya. The Children’s Reading Foundation menganjurkan anak paling sedikit menghabiskan waktu 20 menit sehari untuk membaca.

Memberikan uang khusus buat belanja buku

Guna melatih serta menanamkan minat membaca, tentu anak harus mencintai buku terlebih dahulu. Salah satu jalan untuk itu ialah kita harus menyediakan uang saku bagi anak guna membeli buku yang sesuai minat.

Melatih anak untuk membaca sambil bersuara

Tips ini berlaku bagi anak yang sudah bisa membaca, bila sudah bisa membaca mintalah agar anak membacakan buku dengan bersuara. Cara ini bermanfaat agar ia bisa mengerti isi buku yang dibaca. Hal ini juga agar kita mengetahui sudah sejauh manakah kemampuan membaca anak. Jika ada kesalahan dalam membaca kita bisa segera membetulkannya.

Mengajak pergi ke toko buku

Luangkan waktu bagi anak untuk pergi ke toko buku. Walaupun tidak harus membeli buku, namun sangat berguna bagi anak agar terbiasa berkunjung ke toko buku.

Selektif terhadap buku

Jangan segan bertanya kepada petugas perpustakaan atau toko buku mengenai buku yang cocok untuk anak kita. Hal ini bermanfaat agar buku yang kita beli benar-benar terpakai dan bermanfaat bagi anak.

Menjadi teladan membaca

Masa kanak-kanak merupakan masa meniru atau mencontoh. Jadi sebelum mengajarkan membaca kepada anak agar gemar membaca, tanyakan kepada diri kita sendiri, sudahkan kita gemar membaca buku?

Buat anak selalu senang

Sebaiknya ajari anak membaca dengan situasi dan kondisi yang menyenangkan. Hal ini akan memudahkan anak memahami pelajaran yang diberikan karena anak tidak merasa terbebani dan melakukannya dengan hati senang.

Anda harus dalam kondisi senang

Tidak hanya anak yang hatinya dalam kondisi senang. Kita pun yang mengajarkan juga harus dalam situasi dan kondisi senang. Karena anak sangat peka bila kita sedang dalam kondisi tidak happy. Kita dapat mengajarkan membaca kepada anak tanpa beban. Dengan demikian, sepenuhnya kita lakukan dengan penuh kasih sayang.

Ciptakan kondisi nyaman

Hindarkan anak-anak dari benda-benda yang dapat mengalihkan perhatiannya saat belajar. Misalnya televisi, video game, mainan, dan lain-lain.

Buat skala waktu belajar

Agar anak tidak bosan dalam belajar, batasan waktu sangat diperlukan. Misalnya waktu belajar membaca maksimal 20 menit. Sebab lebih dari itu anak akan merasa bosan.

Ajari dari dasar

Dalam memberikan materi kepada anak, mulailah dari kata tunggal. Setelah lancar baru berlanjut ke kata majemuk, kalimat sederhana dan kalimat panjang.

Nah Ayah Bunda bisa mulai mempraktekan beberapa tips di atas tadi dengan sang anak agar anak gemar membaca.

Selain itu hal lain yang Ayah dan Bunda juga perlu mendukung proses belajar anak dengan menyediakan sarana atau fasilitas yang baik untuk anak dalam belajar.

Menyiapkan pendidikan usia dini bisa menjadi solusi yang baik bagi Ayah dan Bunda agar anak bisa belajar membaca, serta menulis dan berhitung lebih baik.

Proses belajar anak bisa lebih maksimal, karena anak akan di ajarkan oleh guru yang sudah memiliki pengalaman dan mereka biasanya mengetahui cara atau metode yang tepat dalam mengajari anak usia dini.

Salah satu cara yakni mendaftarkan anak ke lembaga pendidikan formal atau non formal seperti les privat.

Mengenal Les Privat Calistung

Les privat calistung anak, PAUD dan kindergarten merupakan sebuah sarana yang tepat bagi orang tua agar membantu anaknya belajar pelajaran dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

Kita bisa memantau proses belajar anak kita di rumah dan anak juga akan ditangani oleh guru yang memiliki pengalaman dalam mengajar anak usia dini.

Selain itu guru juga terfokus hanya untuk mengajar sang anak, sehingga bisa belajar sesuai target yang diingkan Ayah dan Bunda.

Salah satu lembaga les privat calistung adalah ALABACA. Yuk kenalan dengan ALABACA lebih dekat.

Apa itu ALABACA?

Tempat Les Privat Calistung Di Condet

Pendaftaran

ALABACA merupakan lembaga yang menghadirikan guru datang ke rumah untuk belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Program ALABACA

Layanan guru privat dengan fokus belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, TK dan SD. Fasilitas yang menunjang pembelajaran meliputi materi belajar, aneka permain paper games (permainan dari kertas) dan video belajar.

Materi Belajar ini berisikan tuntunan belajar membaca, menulis dan berhitung mulai dari level dasar. Terbagi atas 4-5 bagian dalam setiap levelnya. Materi yang disusun telah melalui serangkai percobaan dan melalui Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan pengajar, orang tua dan psikolog anak.

Paper Games merupakan bentuk permainan yang dirancang agar memudahkan pemahaman anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Paper Games merupakan cara lain atau turunan dari materi belajar yang sajiannya dengan cara berbeda. Paper Games akan berfokus pada kecakapan motorik dan kognitif anak yang seimbang.

Video Belajar merupakan perancangan media belajar audio dan visual yang memberikan cara belajar lebih menarik. Selain menjadi sarana hiburan, video belajar akan membantu siswa mengingat dengan memori jangka panjang dengan baik.

Adapun tingkatan peserta meliputi :

-Les Privat Calistung untuk Anak Play Group

-Les Privat Calistung untuk Anak Taman Kanak-Kanak

-Les Privat Calistung untuk Anak Sekolah Dasar

Sedangkan fokus belajar meliputi :

-Les Privat Belajar Baca

-Les Privat Belajar Tulis

-Les Privat Belajar Hitung

Fasilitas Belajar ALABACA

Modul Belajar siswa disiapkan oleh lembaga untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Berupa materi belajar, games dan video. Modul ini dirancang oleh Tim ALABACA bekerjasama dengan guru, orang tua dan pakar anak agar membuahkan hasil yang maksimal. Modul belajar akan memiliki 5 level tingkatan setiap fokus (baca, tulis dan hitung) dan memiliki 4-5 bagian setiap levelnya.

Informasi bagi Ayah dan Bunda sebelum memasuki materi belajar akan ada pertemuan “Persiapan“ untuk mengukur kemampuan dasar siswa.

Monitoring/Laporan Belajar siswa akan diterima oleh Ayah Bunda dan Wali untuk memantau progres pembelajaran yang sudah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi antara pengajar dan wali.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisikan materi dan target harian, mingguan dan bulanan secara sistematis. RPP akan diterima Ayah dan Bunda jika mengikuti kelas program baca, tulis dan hitung dengan paket yang ditentukan. RPP ini memudahkan pengajar dan siswa untuk memperoleh target dengan tepat.

Area Jangkauan Privat Calistung ALABACA

Area Privat Calistung ALABACA meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Salah satu wilayah yang termasuk jangkauan layanan kami yakni Condet di Jakarta Timur.

Usia Awal untuk Ikut Program ALABACA

Katagori pengelompokan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

Para Pengajarnya ALABACA

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

Cara Mendaftar ALABACA

Tahap 1

Sahabat ALABACA bisa mendaftar via WA, Email dan Online. (WA : 0852-1321-1110; Email : halo@alabaca.com). Lalu tim akan melamprikan form pendaftaran untuk diisi oleh Sahabat ALABACA. Silahkan mengembalikan setelah diisi dengan lengkap.

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curriculum Vitae (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga setelah membaca artikel di atas, dapat bermanfaat bagi Ayah dan Bunda untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.

So, Tim ALABACA tunggu Ayah Bunda segera. Selamat beraktifitas Sahabat ALABACA.

Tempat Les Privat Calistung Di Condet “