0823-1054-0004 halo@alabaca.com

Salam Sahabat Alabaca. Bagimana keadaan Ayah dan Bunda? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal ‘afiyat ya, Aaamiin. Pada artikel kali ini Tim Alabaca akan membahas tentang “Bermusik untuk Anak”.

Tahukah Ayah dan Bunda bahwa musik dapat dikenalkan pada anak sejak dini? Para Ahli Neurosains berpendapat bahwa musik dapat dipelajari oleh anak sejak usia 3-10 tahun. Usia tersebut merupakan waktu yang paling tepat untuk mengajarkan musik pada anak. Hal itu dikarenakan sel neuron pada otak anak sudah siap untuk mengolah pengetahuan bermusik dan akan lebih efektif dibandingkan jika seseorang mempelajari musik saat dewasa.

Dilansir dari laman Ayahbunda.co.id ternyata bermusik memiliki banyak manfaat lho Ayah Bunda, yuk kita simak.

MENCERDASKAN OTAK ANAK

Menurut Mark Traomo, M.D. getaran musik masuk ke jiwa melalui neuron di otak, kemudian juataan neuron menjadi aktif. Neuron ini menyebar ke berbagai daerah otak termasuk pusat auditori di belahan kiri dan kanan. Dari sinilah kaitan anatara musik dan kecerdasan terjadi. Terdapat kecenderungan seseorang akan memiliki IQ lebih tinggi jika mempelajari musik. Hal ini disebabkan keseimbangan otak kanan dan kiri yang terbangun dengan baik.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK

Mendengarkan irama musik akan menstimulus seseorang untuk lebih aktif. Ia akan terstimulus untuk bergerak, bertepuk tangan, menari, meggerakan tangan dan kaki. Dengan demikian hal tersebut akan meningkatkan kemampuan motorik halus maupun motorik kasar.

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA

Ketika seseorang khususnya anak mengikuti lirik lagu. Secara tidak sadar ia telah mempelajari kosak kata melalui lirik tersebut. Hal itu akan membuat anak belajar dan menambah perbendaharaan kata yang ia miliki.

Dapat disimpulkan bahwa efek dari mempelajari musik pada anak memiliki banyak manfaat. Maka dari itu mari kita kenalkan si buah hati dengan musik sejak dini untuk menunjang kemampuan lainnya seperti belajar mengenal huruf dan angka agar lebih menyenangkan.

Jika Ayah dan Bunda bingung bagaimana cara untuk mengajarkan anak mengenal huruf dan angka, Ayah dan Bunda dapat mencari Lembaga pendidikan yang dapat membantu Ayah dan Bunda.

Lembaga Bimbingan Alabaca adalah jawabannya. Yuk kenal lebih dekat dengan Alabaca

APA ITU ALABACA?

ALABACA merupakan lembaga yang menghadirikan guru datang ke rumah untuk belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

PROGRAM ALABACA

Layanan guru privat dengan fokus belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, TK dan SD. Fasilitas yang menunjang pembelajaran meliputi materi belajar, aneka permain paper games (permainan dari kertas) dan video belajar.

Materi Belajar ini berisikan tuntunan belajar membaca, menulis dan berhitung mulai dari level dasar. Terbagi atas 4-5 bagian dalam setiap levelnya. Materi yang disusun telah melalui serangkai percobaan dan melalui Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan pengajar, orang tua dan psikolog anak.

Paper Games merupakan bentuk permainan yang dirancang agar memudahkan pemahaman anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Paper Games merupakan turunan dari materi belajar yang disajikan dengan cara berbeda. Paper Games akan berfokus pada kecakapan motorik dan kognitif anak yang seimbang.

Video Belajar merupakan perancangan media belajar audio dan visual yang memberikan cara belajar lebih menarik. Selain menjadi sarana hiburan, video belajar akan membantu siswa mengingat dengan memori jangka panjang dengan baik.

Adapun tingkatan peserta meliputi :

Les Privat Calistung untuk Anak Play Group
Les Privat Calistung untuk Anak Taman Kanak-Kanak
Les Privat Calistung untuk Anak Sekolah Dasar

Sedangkan fokus belajar meliputi :

Les Privat Calistung Belajar Baca
Les Privat Calistung Belajar Tulis
Les Privat Calistung Belajar Hitung

Fasilitas belajar meliputi :

Modul Belajar siswa disiapkan oleh lembaga untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Berupa materi belajar, games dan video. Modul ini dirancang oleh Tim Alabaca bekerjasama dengan guru, orang tua dan pakar anak agar membuahkan hasil yang maksimal. Modul belajar akan memiliki 5 level tingkatan setiap fokus (baca, tulis dan hitung) dan memiliki 4-5 bagian setiap levelnya.

Informasi bagi Ayah dan Bunda sebelum memasuki materi belajar akan ada pertemuan “ Persiapan “ untuk mengukur kemampuan dasar siswa.

Monitoring/Laporan Belajar siswa akan diterima oleh Ayah Bunda dan Wali untuk memantau progres pembelajaran yang sudah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi antara pengajar dan wali.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisikan materi dan target harian, mingguan dan bulanan secara sistematis. RPP akan diterima Ayah dan Bunda jika mengikuti kelas program baca, tulis dan hitung dengan paket yang ditentukan. RPP ini memudahkan pengajar dan siswa untuk memperoleh target dengan tepat.

AREA JANGKAUAN LAYANAN ALABACA

Area layanan kursus membaca dan menulis meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Khusus kursus membaca dan menulis untuk anak di Tangerang : Ciledug, Cibodas, Poris, Sudimara, Karawaci, Cikokol dan sekitar

USIA AWAL UNTUK IKUT PROGRAM ALABACA

Katagori pengelompokkan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

PARA PENGAJARNYA

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

CARA MENDAFTAR

Tahap 1

Sahabat ALABACA akan menerima form pendaftaran yang dikirmkan via WA, Email dan Online. (Bila via WA atau Email. Silahkan mengembalikan setelah diisi dengan lengkap. (WA: 0852-1321-1110; Email: halo@alabaca.com)

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curriculum Vitae (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).