0823-1054-0004 halo@alabaca.com

Bismillah, Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sehat dan sejahtera untuk kita semua ya Sahabat Alabaca dan Ayah Bunda

Kali ini TIM Alabaca akan membahas mengenai Bagaimana Cara Membangun Semangat Belajar Anak

Anak merupakan amanah bagi orang tua dan anak memiliki hati yang masih suci dari berbagai pengaruh, dengan keadaan yang sangat lemah ketika dilahirkan, maka sudah pasti tidak mungkin dapat hidup terus jika tidak mendapat pertolongan  dan pemeliharaan dari orang tua atau lingkungan.

Sebagai orang tua yang bertanggung jawab  pasti menghendaki anaknya menjadi orang yang berwatak baik dan berguna bagi masyarakat. Tanggung jawab orang tua terhadap anaknya sungguh besar tidak cukup hanya dengan memberi makan, minum dan pakaian tetapi orang tua wajib mendidik (memberikan pendidikan) kepada anaknya..

Cara Untuk Membangun Semangat Belajar Anak

Berikut Tim merangkumnya dalam beberapa cara membangun semangat Anak :

Menjadi teladan bagi anak. Orang tua adalah contoh bagi anak anaknya. Tidak heran jika mereka sering menirukan apapun yang dilakukan oleh orang tuanya. Jika Ayah Bunda ingin mereka menjadi pecinta buku maka Ayah Bunda harus gemar membaca.

Pancing Anak Untuk Berpendapat. Sudah bukan zamannya lagi orang tua selalu cerewet pada anak anaknya. Sekarang waktunya untuk lebih mendengarkan pendapat anak-anak Ayah Bunda dan memberikan alternatif solusi atas permasalahan mereka.

Jadikan target anak sebagai target Ayah Bunda, bukan sebaliknya.  Hindari memberikan target-target yang bersifat baku seperti, harus mendapat peringkat 3 besar di kelas atau mendapat nilai 90 dalam pelajaran matematika. Penekanan seperti ini akan membuat anak Ayah Bunda dapat merasa depresi.

Selalu Sisakan Waktu Untuk Bermain. Hal ini dapat menjaga hubungan sosial anak Ayah Bunda dengan kawan-kawannya dan juga melepas penat dari rutinitas belajarnya. Sehingga, esoknya ia memiliki energi yang cukup untuk menerima pelajaran kembali.

Pujilah anak Ayah Bunda. Saat nilai anak kurang memuaskan, pujilah mereka, bukan memarahinya. Melihat reaksi orang tua yang positif akan menumbuhkan semangat mereka untuk memberikan yang terbaik bagi Ayah Bunda.

Adanya lembaga bimbingan belajar bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu masalah belajar anak. Bila peran orang tua sebagai pendamping belajar sudah tidak optimal dikarenakan kondisi Ayah dan Bunda merupakan pasangan karier dan kerap pulang larut. Di lembaga bimbingan belajar biasanya anak akan mendapatkan beberapa cara untuk belajar yang optimal dan efisien yang biasa diajarkan oleh para mentor.

Semoga bermanfaat ya Sahabat Alabaca

Wassalamu’alaikum Wr. Wb