0823-1054-0004 halo@alabaca.com

Les Privat Baca Tulis Hitung | Les Privat Calistung | Guru Privat Calistung | Guru Calistung Ke Rumah

Les Privat Calistung Di Jakarta Timur | Privat Calistung TK, PAUD dan SD | Panggil Guru Calistung dan Beli Modul Belajar Baca Tulis Hitung

Salam Sahabat ALABACA, semoga dalam keadaan sehat ya untuk Ayah dan Bunda juga. Kali ini Tim ALABACA akan membahas Artikel Tema “5 Cara Ini Membantu Perkembangan Bicara pada Anak Batita” yang di kutip dari Popmama(dot)com

Periode emas tumbuh kembang si Kecil dimulai dari usia 1-3 tahun.

Perkembangan yang terlihat pun bukan hanya dari fisik saja, namun perkembangan komunikasi si Kecil juga harus diperhatikan sesuai dengan usianya.

Banyak ditemui kasus anak-anak yang mengalami keterlambatan berbicara dan ini sangat perlu diperhatikan.

Sebagai orangtua, Mama harus memperhatikan perkembangan komunikasi si Kecil agar berjalan baik dan tentunya tetap konsisten.

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa tips dalam membantu perkembangan bicara si Kecil. Berikut beberapa tipsnya :

1. Melakukan rutinitas membacakan cerita

Setiap malam, Mama bisa meluangkan waktu sejenak untuk membacakan buku cerita ke si Kecil.

Rutinitas yang satu ini perlu Mama terapkan setiap kali si Kecil ingin tidur agar menstimulasi perkembangan berbicaranya.

Saat membacakan cerita, usahakan untuk tidak asik sendiri. Mama perlu mengajak si Kecil berkomunikasi sesuai dengan isi cerita yang sedang dibacakan.

Dari rutinitas membacakan cerita, si Kecil akan berimajinasi karena berusaha mencerna isi cerita yang sedang Mama bacakan.

Imajinasi yang terlatih akan membantu dalam mengembangkan tingkat kreativitasnya.

Selain membantu perkembangan bicara si Kecil, dirinya juga akan terbiasa untuk diajak dalam mengimprovisasi alur cerita.

Dialog interaktif antara Mama dan si Kecil juga akan meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik.

2. Menggunakan pelafalan yang benar

Terkadang banyak orangtua yang berbicara dengan si Kecil menggunakan ‘baby talk’. Padahal hal ini justru membuat kosakata si Kecil tidak bertambah dan kurang belajar bahasa baru.

Contoh sederhananya saja saat Mama mengganti kata ‘burung’ dengan suara cuit-cuit, ‘sapi’ menjadi ‘moo’ atau kucing menjadi ‘mpus’.

Ada baiknya selama berbicara dengan si Kecil perlu menggunakan pelafalal atau kosakata yang sebenarnya bukan dengan kata ganti.

Yuk Ma, mulai usahakan mulai melafalkan segala sesuatu dengan benar agar si Kecil bisa belajar banyak kosakata dan melatihnya berbicara!

3. Dengarkan anak berbicara

Tidak sedikit orangtua berusaha memberikan kesempatan si Kecil untuk berbicara dan mencoba mendengarkan ceritanya.

Walaupun kadang pembicaraan si Kecil masih kurang jelas artikulasi dan terkesan kurang nyambung, Mama harus tetap berusaha mendengarkannya.

Selain mendengarkan si Kecil berbicara, Mama juga bisa berkomunikasi dan menanggapinya dengan menggunakan sebuah gerakan.

Mulai dari menunjuk, melambaikan tangan atau menggunakan raut wajah tertentu saat mengajak si Kecil berbicara.

Perlu diingat kalau mendengarkan si Kecil bercerita bisa menjadi salah satu cara melatih kemampuan berbicaranya.

4. Selalu menanggapi obrolan anak

Saat si Kecil berbicara satu kata mengenai keadaan di sekitarnya, Mama bisa menanggapinya obrolan si Kecil. Jangan sampai si Kecil tidak ditanggapi ya, Ma.

Contohnya, saat si Kecil berbicara “Ada ayam” cobalah untuk langsung membalas pembicaraan dirinya dengan, “Iya itu anak ayamnya kok sendirian aja ya?” Berusaha menanggapi bisa membuat si Kecil merasa senang karena diajak berbicara.

Namun saat kasusnya si Kecil hanya sedikit berbicara, Mama tidak boleh menyerah. Ada baiknya untuk terus mencoba memancing si Kecil dengan berbagai cara. Gunakahlah cara yang positif agar dirinya bisa juga merasa nyaman dan terpacu untuk pelan-pelan belajar berbicara.

Mama juga bisa membuat obrolan positif bersama si Kecil, seperti sebuah cerita atau pengalaman menyenangkan. Cerita karangan fiksi juga bisa membangkitkan imajinasi si Kecil lho, Ma.

5. Lebih sering mengajukan pertanyaan

Si Kecil yang terus diberi pertanyaan oleh Mama justru akan lebih banyak berbicara dibandingkan hanya diam saja tanpa sebuah obrolan. Saat Mama tidak pernah mengajukan pertanyaan ke si Kecil, dirinya akan cenderung kurang memiliki kesempatan untuk menceritakan sesuatu.

Saat Mama memberikan pertanyaan ke si Kecil, cobalah untuk tidak memaksanya untuk cepat menjawab. Berikan kesempatan kepada si Kecil beberapa detik untuk berpikir. Tujuan agar si Kecil punya waktu untuk berpikir dan mulai menyusun setiap jawabannya.

Namun jika kasusnya Kecil tidak membalas pertanyaan Mama, cobalah untuk mengajukan pertanyaan lain. Bisa saja pertanyaan yang sebelumnya kurang dimengerti oleh si Kecil dari segi tata bahasanya. Untuk itu, Mama perlu mencoba bertanya menggunakan kosakata yang mudah dimengerti anak-anak.

Mulai sekarang ada baiknya hindari pertanyaan yang terlalu sulit dicerna si Kecil ya, Ma.

Nah Ayah Bunda bisa mulai mempraktekan beberapa tips di atas tadi untuk membantu perkembangan biacara anak.

Selain itu hal lain yang Ayah dan Bunda juga perlu  mendukung proses belajar anak dengan menyediakan sarana atau fasilitas yang baik untuk anak dalam belajar.

Menyiapkan pendidikan usia dini bisa menjadi solusi yang baik bagi Ayah dan Bunda agar anak bisa belajar membaca, serta menulis dan berhitung lebih baik.

Proses belajar anak bisa lebih maksimal, karena anak akan di ajarkan oleh guru yang sudah memiliki pengalaman dan mereka biasanya mengetahui cara atau metode yang tepat dalam mengajari anak usia dini.

Salah satu cara yakni mendaftarkan anak ke lembaga pendidikan formal atau non formal seperti les privat.

Mengenal Les Privat Calistung

Les privat calistung anak, PAUD dan kindergarten merupakan sebuah sarana yang tepat bagi orang tua agar membantu anaknya belajar pelajaran dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

Kita bisa memantau proses belajar anak kita di rumah dan anak juga akan ditangani oleh guru yang memiliki pengalaman dalam mengajar anak usia dini.

Selain itu guru juga terfokus hanya untuk mengajar sang anak, sehingga bisa belajar sesuai target yang diingkan Ayah dan Bunda.

Salah satu lembaga les privat calistung adalah ALABACA. Yuk kenalan dengan ALABACA lebih dekat.

Apa itu ALABACA?

Les Privat Calistung Di Jakarta Timur

Pendaftaran

ALABACA merupakan lembaga yang menghadirikan guru datang ke rumah untuk belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Program ALABACA

Layanan guru privat dengan fokus belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, TK dan SD. Fasilitas yang menunjang pembelajaran meliputi materi belajar, aneka permain paper games (permainan dari kertas) dan video belajar.

Materi Belajar ini berisikan tuntunan belajar membaca, menulis dan berhitung mulai dari level dasar. Terbagi atas 4-5 bagian dalam setiap levelnya. Materi yang disusun telah melalui serangkai percobaan dan melalui Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan pengajar, orang tua dan psikolog anak.

Paper Games merupakan bentuk permainan yang dirancang agar memudahkan pemahaman anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Paper Games merupakan cara lain atau turunan dari materi belajar yang sajiannya dengan cara berbeda. Paper Games akan berfokus pada kecakapan motorik dan kognitif anak yang seimbang.

Video Belajar merupakan perancangan media belajar audio dan visual yang memberikan cara belajar lebih menarik. Selain menjadi sarana hiburan, video belajar akan membantu siswa mengingat dengan memori jangka panjang dengan baik.

Adapun tingkatan peserta meliputi :

-Les Privat Calistung untuk Anak Play Group

-Les Privat Calistung untuk Anak Taman Kanak-Kanak

-Les Privat Calistung untuk Anak Sekolah Dasar

Sedangkan fokus belajar meliputi :

-Les Privat Belajar Baca

-Les Privat Belajar Tulis

-Les Privat Belajar Hitung

Fasilitas Belajar ALABACA

Modul Belajar siswa disiapkan oleh lembaga untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Berupa materi belajar, games dan video. Modul ini dirancang oleh Tim ALABACA bekerjasama dengan guru, orang tua dan pakar anak agar membuahkan hasil yang maksimal. Modul belajar akan memiliki 5 level tingkatan setiap fokus (baca, tulis dan hitung) dan memiliki 4-5 bagian setiap levelnya.

Informasi bagi Ayah dan Bunda sebelum memasuki materi belajar akan ada pertemuan “Persiapan“ untuk mengukur kemampuan dasar siswa.

Monitoring/Laporan Belajar siswa akan diterima oleh Ayah Bunda dan Wali untuk memantau progres pembelajaran yang sudah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi antara pengajar dan wali.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisikan materi dan target harian, mingguan dan bulanan secara sistematis. RPP akan diterima Ayah dan Bunda jika mengikuti kelas program baca, tulis dan hitung dengan paket yang ditentukan. RPP ini memudahkan pengajar dan siswa untuk memperoleh target dengan tepat.

Area Jangkauan Privat Calistung ALABACA

Area Privat Calistung ALABACA meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Salah satu wilayah yang termasuk jangkauan layanan kami yakni di Jakarta Timur yang meliputi Matraman, Rawamangun, Pulomas, Duren Sawit, Cibubur, Ciracas, Cawang, Condet, Cililitan, Cipinang dan daerah lainnya yang termasuk Jakarta Timur.

Usia Awal untuk Ikut Program ALABACA

Katagori pengelompokan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

Para Pengajarnya ALABACA

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

Cara Mendaftar ALABACA

Tahap 1

Sahabat ALABACA bisa mendaftar via WA, Email dan Online. (WA : 0852-1321-1110; Email : halo@alabaca.com). Lalu tim akan melamprikan form pendaftaran untuk diisi oleh Sahabat ALABACA. Silahkan mengembalikan setelah diisi dengan lengkap.

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curriculum Vitae (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga setelah membaca artikel di atas, dapat bermanfaat bagi Ayah dan Bunda untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.

So, Tim ALABACA tunggu Ayah Bunda segera. Selamat beraktifitas Sahabat ALABACA.

Les Privat Calistung Di Jakarta Timur “