0821-2533-0003 halo@alabaca.com

Lembaga Les Privat Calistung Di Tebet | Privat Calistung TK, PAUD dan SD | Panggil Guru Calistung dan Beli Modul Belajar Baca Tulis Hitung

Salam Sahabat ALABACA, semoga dalam keadaan sehat ya untuk Ayah dan Bunda juga. Kali ini Tim ALABACA akan membahas Artikel Tema “Ini 4 Alasan Kenapa Mama Perlu Rutin Membacakan Dongeng untuk Anak” yang di kutip dari laman www(dot)popmama(dot)com.

Terkejut, sekaligus bangga. Ini biasanya yang Mama rasakan tiap kali melihat kemampuan baru Si Buah Hati. Di masa tumbuh kembang anak ini, terutama di dua tahun pertamanya, merupakan periode emas bagi perkembangan otak dan pertumbuhan fisiknya. Untuk itu, manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya untuk memberikan stimulasi yang tepat.

Salah satu kegiatan yang bisa Mama lakukan bersama Si Buah Hati adalah membacakan dongeng untuknya. Apalagi kegiatan ini semakin lama sudah terlupakan diiringi dengan semakin majunya teknologi. Padahal mendongeng untuk anak memiliki beragam manfaat untuk tumbuh kembang Si Buah Hati lho, Ma. Apa saja? Mari simak berikut ini.

1. Merangsang minat baca pada anak

Mama memiliki buah hati yang tengah dalam masa tumbuh kembang? Ada baiknya mulai menanamkan minat membaca sejak dini. Salah satu cara menanamkan minat baca pada anak sejak dini adalah dengan membacakan dongeng. Dengan membacakan dongeng sebelum tidur anak perlahan akan tertarik untuk membaca buku. Setelah mendengarkan dongeng, biasanya Si Buah Hati akan tertarik untuk membaca buku dongeng dengan cerita dan tema yang lain.

2. Mengenalkan etika dan budaya Indonesia

Mendongeng untuk anak juga merupakan upaya mengenal budayanya asli Indonesia lho ma. Dongeng yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara ini, punya cerita yang tidak kalah seru dan pesan moral yang baik untuk tumbuh kembang anak, lho.

Dengan mendongengkan cerita asli Indonesia bisa menjadi salah satu cara untuk mengajarkan anak nilai-nilai moral yang berasal dari kearifan lokal, sekaligus mengapresiasi kebudayaan Nusantara sejak dini. Dengan kata lain, mendongeng cerita asli Indonesia bisa menjadi cara yang lebih mudah dipahami anak untuk mengenal daerah asalnya dan juga membantunya mengasah karakter positif, dibanding hanya memberikan nasihat.

Lalu, pesan moral apa saja sih, yang bisa diajarkan kepada Si Buah Hati melalui cerita asli Indonesia? Menurut Dra. Ratih Ibrahim, M.M., seorang Psikolog, beberapa hal yang bisa diajarkan kepada Si Buah Hati melalui mendongeng adalah berani menghadapi tantangan, berpikir logis dan kritis, kreatif dalam memecahkan masalah, tolong menolong, hormat dan santun terhadap orang lain, disiplin, serta mandiri.

Nah, kegiatan mendongeng bisa dibilang sederhana dan mudah dilakukan kapan saja. Selain itu, aktivitas ini punya peran yang tidak kalah penting untuk tumbuh kembang anak, terutama mengasah kecerdasannya dan membantunya mengembangkan karakter anak Indonesia yang unggul. Yuk, luangkan waktu berkualitas Mama bersama Si Buah Hati dengan membaca dongeng.

3. Menjalin kedekatan orang tua dan anak

Pastinya orang tua zaman sekarang disibukan dengan berbagai kegiatan padat sehari-hari. Dengan membacakan dongeng untuk Si Buah Hati, Mama bisa mulai membangun hubungan yang lebih erat dengannya. Mendongeng dapat menjadi sarana berkumpul anak dan orang tua setelah seharian disibukkan oleh aktivitas masing-masing. Dengan melakukan kegiatan ini bersama, anak akan merasa lebih disayangi dan diperhatikan oleh orang tuanya.

4. Menstimulasi anak

Selain nutrisi, stimulasi jadi salah satu kunci untuk optimalkan potensi Si Buah Hati. Hal ini dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), MSi, pakar tumbuh kembang anak. Menurutnya, stimulasi yang sesuai dengan usia Si Buah Hati menjadi salah satu kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi agar ia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Semua ini bisa diwujudkan dengan mendukungnya bereksplorasi. Dengan cara bermain dan mengenal lingkungan di sekitarnya, Si Buah Hati didorong untuk belajar hal-hal baru yang dibutuhkan untuk mengembangkan potensinya.

Pastinya, Mama ingin terus berusaha memberikan stimulasi yang tepat untuk Si Buah Hati, kan?

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa Mama lakukan bersama Si Buah Hati, salah satunya ya dengan membaca dongeng ini, Ma.

Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog, menyarankan agar Mama mengajak Si Buah Hati membaca dongeng untuk mengoptimalkan kecerdasan anak. Ini karena kegiatan mendongeng dapat membantu mengembangkan kemampuan bahasa, cara berpikir logis, daya ingat, imajinasi kreatif, dan juga pembentukan karakter positif. Tentunya, semua hal ini menjadi bekal penting bagi anak untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Membaca dongeng bisa jadi salah satu stimulasi yang seru untuk Si Buah Hati, karena pada dasarnya anak suka menyimak suatu informasi yang disampaikan dengan bercerita (storytelling). Bentuk penyampaiannya bermacam-macam, bisa berupa kata-kata, gambar, foto, suara, atau video.

Mari lakukan kebiasaan positif untuk membacakan buku bagi anak kita. Hanya minimal 10 menit per hari, tetapi merupakan investasi berharga yang akan berpengaruh besar terhadap masa depan anak-anak kita. Sudahkah kita menyiapkan,  buku apa yang akan kita bacakan untuk anak kita pada hari ini ?

Nah Ayah Bunda bisa mulai mempraktekan beberapa tips di atas tadi dengan sang anak agar anak gemar membaca.

Selain itu hal lain yang Ayah dan Bunda juga perlu mendukung proses belajar anak dengan menyediakan sarana atau fasilitas yang baik untuk anak dalam belajar.

Menyiapkan pendidikan usia dini bisa menjadi solusi yang baik bagi Ayah dan Bunda agar anak bisa belajar membaca, serta menulis dan berhitung lebih baik.

Proses belajar anak bisa lebih maksimal, karena anak akan di ajarkan oleh guru yang sudah memiliki pengalaman dan mereka biasanya mengetahui cara atau metode yang tepat dalam mengajari anak usia dini.

Salah satu cara yakni mendaftarkan anak ke lembaga pendidikan formal atau non formal seperti les privat.

Mengenal Les Privat Calistung

Les privat calistung anak, PAUD dan kindergarten merupakan sebuah sarana yang tepat bagi orang tua agar membantu anaknya belajar pelajaran dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

Kita bisa memantau proses belajar anak kita di rumah dan anak juga akan ditangani oleh guru yang memiliki pengalaman dalam mengajar anak usia dini.

Selain itu guru juga terfokus hanya untuk mengajar sang anak, sehingga bisa belajar sesuai target yang diingkan Ayah dan Bunda.

Salah satu lembaga les privat calistung adalah ALABACA. Yuk kenalan dengan ALABACA lebih dekat.

Apa itu ALABACA?

Lembaga Les Privat Calistung Di Tebet

Pendaftaran

ALABACA merupakan lembaga yang menghadirikan guru datang ke rumah untuk belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Program ALABACA

Layanan guru privat dengan fokus belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, TK dan SD. Fasilitas yang menunjang pembelajaran meliputi materi belajar, aneka permain paper games (permainan dari kertas) dan video belajar.

Materi Belajar ini berisikan tuntunan belajar membaca, menulis dan berhitung mulai dari level dasar. Terbagi atas 4-5 bagian dalam setiap levelnya. Materi yang disusun telah melalui serangkai percobaan dan melalui Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan pengajar, orang tua dan psikolog anak.

Paper Games merupakan bentuk permainan yang dirancang agar memudahkan pemahaman anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Paper Games merupakan cara lain atau turunan dari materi belajar yang sajiannya dengan cara berbeda. Paper Games akan berfokus pada kecakapan motorik dan kognitif anak yang seimbang.

Video Belajar merupakan perancangan media belajar audio dan visual yang memberikan cara belajar lebih menarik. Selain menjadi sarana hiburan, video belajar akan membantu siswa mengingat dengan memori jangka panjang dengan baik.

Adapun tingkatan peserta meliputi :

-Les Privat Calistung untuk Anak Play Group

-Les Privat Calistung untuk Anak Taman Kanak-Kanak

-Les Privat Calistung untuk Anak Sekolah Dasar

Sedangkan fokus belajar meliputi :

-Les Privat Belajar Baca

-Les Privat Belajar Tulis

-Les Privat Belajar Hitung

Fasilitas Belajar ALABACA

Modul Belajar siswa disiapkan oleh lembaga untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Berupa materi belajar, games dan video. Modul ini dirancang oleh Tim ALABACA bekerjasama dengan guru, orang tua dan pakar anak agar membuahkan hasil yang maksimal. Modul belajar akan memiliki 5 level tingkatan setiap fokus (baca, tulis dan hitung) dan memiliki 4-5 bagian setiap levelnya.

Informasi bagi Ayah dan Bunda sebelum memasuki materi belajar akan ada pertemuan “Persiapan“ untuk mengukur kemampuan dasar siswa.

Monitoring/Laporan Belajar siswa akan diterima oleh Ayah Bunda dan Wali untuk memantau progres pembelajaran yang sudah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi antara pengajar dan wali.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisikan materi dan target harian, mingguan dan bulanan secara sistematis. RPP akan diterima Ayah dan Bunda jika mengikuti kelas program baca, tulis dan hitung dengan paket yang ditentukan. RPP ini memudahkan pengajar dan siswa untuk memperoleh target dengan tepat.

Area Jangkauan Privat Calistung ALABACA

Area Privat Calistung ALABACA meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Salah satu wilayah yang termasuk jangkauan layanan kami yakni Tebet, Jakarta Selatan.

Usia Awal untuk Ikut Program ALABACA

Katagori pengelompokan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

Para Pengajarnya ALABACA

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

Cara Mendaftar ALABACA

Tahap 1

Sahabat ALABACA bisa mendaftar via WA, Email dan Online. (WA : 0852-1321-1110; Email : halo@alabaca.com). Lalu tim akan melamprikan form pendaftaran untuk diisi oleh Sahabat ALABACA. Silahkan mengembalikan setelah diisi dengan lengkap.

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curriculum Vitae (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga setelah membaca artikel di atas, dapat bermanfaat bagi Ayah dan Bunda untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.

So, Tim ALABACA tunggu Ayah Bunda segera. Selamat beraktifitas Sahabat ALABACA.

Lembaga Les Privat Calistung Di Tebet “