0823-1054-0004 halo@alabaca.com

Guru Les Calistung Di Bekasi Barat | Privat Calistung TK, PAUD dan SD | Panggil Guru Calistung dan Beli Modul Belajar Baca Tulis Hitung

Salam Sahabat ALABACA, semoga dalam keadaan sehat ya untuk Ayah dan Bunda juga. Kali ini Tim ALABACA akan membahas “Ingin anak lancar bicara? Jangan lupa stimulasi dengan 3 cara ini di rumah” yang di kutip dari laman id(dot)theasianparent(dot)com.

Tak bisa dipungkiri, jika kita melihat anak belum lancar bicara tentu saja hal tersebut menjadi kekhawatiran orangtua. Meskipun saat ini ganguan bicara dan bahasa merupakan salah satu gangguan perkembangan anak yang sering terjadi. Beberapa laporan menyatakan angka kejadian gangguan bicara dan bahasa anak mencapai 5 sampai 10% pada anak sekolah.

Kapan kondisi perlu dikhawatirkan hingga anak membutuhan terapi bicara secara khusus?

Sebelum memutuskan mengajak si kecil untuk melakukan terapi, mengapa tidak mencoba memaksimalkan dengan memberikan stimulus di rumah?

Pada dasarnya, terapi bicara merupakan metode intervensi bahasa yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, kemampuan untuk membedakan nada bicara, mengatasi artikulasi yang kurang tepat dan gangguan fonologis atau dialek yang dialami oleh anak. Harapannya, terapi ini dapat membantu buah hati dalam mengekspresikan diri mereka melalui bahasa verbal dan non-verbal.

Ada pun beberapa latihan bicara ini berfokus pada:

  • Kelancaran artikulasi pada kata-kata dan kalimat yang dilontarkan
  • Menggunakan nada bicara yang tepat sesuai dengan kondisi tertentu. Misalnya, mengajarkan anak bahwa berbicara dengan orang lain harus sopan dan tidak baik jika menggunakan nada tinggi.
  • Paham arti dari gambar dan simbol yang dilihat, sehingga ia mampu untuk menceritakan makna dari ketiga hal tersebut.

Kapan anak membutuhkan terapi bicara?

Kemampuan bicara pada anak tentu saja berbeda, sesuai dengan kondisi mereka masing-masing. Maka, Jenis terapi pun sebenarnya harus disesuaikan lebih dulu.

Namun memang, beberapa anak yang memiliki kesulitan dalam melakukan sosialisasi urgensi yang tinggi untuk melakukan terapi. Anak yang dinilai sangat membutuhkan jenis terapi ini memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Kalimat yang dilontarkan oleh anak sulit dipahami orang lain
  • Anak tidak mampu mengungkapkan perasaan atau keinginannya secara verbal
  • Berbicara dengan gagap atau selalu mengulang kalimat
  • Belum bisa bersosialisasi dengan teman sebaya atau orang-orang di sekitarnya

Berbagai terapi yang mudah dilakukan di rumah

Beberapa tips yang bisa Ayah dan Bunda lakukan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi anak di antaranya:

  • Ajak si kecil mengobrol

Dalam hal ini, Ayah dan Bunda dianjurkan untuk menanyakan sesuatu yang dapat mendorong anak berpikir untuk menjawabnya seperti “Kalau Bunda mengizinkan kamu memelihara kucing, kira-kira kamu mau melakukan apa saja dengannya?”.

Pertanyaan seperti itu akan mendorong anak untuk mengungkapkan ide-ide mereka. Dengarkan ia dengan seksama dan batulah ia jika Anda melihatnya mulai kesulitan mengekspresikan pikiran.

  • Dorong anak untuk membaca

Beli atau pinjamlah buku dari perpustakaan untuk si kecil. Anda juga bisa bertanya padanya kira-kira apa yang dia sukai. Misalnya jika dia suka dengan karakter kartun tertentu, maka berilah ia buku tentang tokoh tersebut.

Bacalah buku tersebut bersama-sama. Anda juga bisa meminta si kecil untuk membaca setiap kalimat dalam buku dengan suara keras untuk melatih kemampuan bicara si kecil.

  • Terapi sambil bermain

Ajak kerabat atau teman si kecil untuk bermain hal sederhana ini. Caranya, buatlah mereka duduk atau berdiri sejajar. Setelah itu, bisikkan kalimat pada seorang anak kemudian suruh anak tersebut membisikkan kalimat yang sama pada yang lain.

Anak yang berdiri di jajaran paling akhir harus mengungkapkan kalimat tersebut dengan keras. Permainan ini dapat membantu buah hati menambah kosa kata serta mengetahui cara pengucapan kalimat dengan artikulasi tepat.

Beberapa permainan lain yang dapat meningkatkan kemampuan bicara anak di antaranya:

  1. Latihan bicara atau akting di depan cermin
  2. Bermain bola tangkap
  3. Jalan-jalan di sekitar rumah sambil bertanya mengenai benda-benda yang ada di sekitar sana
  4. Permainan silat lidah. Ajarkan anak mengucapkan kalimat dengan susunan kata yang mirip tapi memiliki arti berbeda seperti “ular melingkar di atas pagar”, “satu ribu, dua biru, tiga ribu, empat biru”, “kelapa diparut, kepala digaruk”, dan sebagainya
  5. Permainan meniup gelembung
  6. Bermain alat musik yang menggunakan mulut seperti harmonika, suling, dan sebagainya. Hal ini agar mulut anak terlatih dan lebih fleksibel untuk mengucapkan kalimat yang kompleks.

Pilih terapi yang sesuai dengan usia anak

Anda tidak bisa memaksa anak usia dua tahun untuk langsung bisa berpidato di depan umum dengan kalimat sempurna, bukan? Maka dari itu, buatlah target pencapaian yang sesuai dengan usia mereka saat ini. Jangan memberikan jenis latihan bicara yang tidak sesuai dengan umur mereka.

Jika usia anak Anda di bawah dua tahun, Anda bisa melatih kemampuan bicaranya dengan cara berikut:

  • Buat suara “ma”, “ba”, “da”. Buah hati mungkin akan tergerak untuk mengikutinya
  • Ajak ia mengobrol saat melakukan aktivitas meski ia belum bisa menjawabnya.
  • Berbicaralah dengan bayi selayaknya Anda mengobrol dengan orang dewasa. Kalimat yang dibuat lucu seperti “anak tiapa ti ini?”“Adek mau makan cama apa cekalang?”, cenderung akan menghambat kosakata dan kemampuan artikulasinya kelak.
  • Selalu menggunakan gestur ketika berbicara pada anak
  • Bacakan ia cerita dongeng

Banyak cara yang bisa Ayah Bunda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Ayah Bunda juga harus sabar ketika melatih buah hati berkomunikasi. Jangan terburu-buru dan berikan mereka kesempatan untuk meningkatkan kemampuan ini dengan sendirinya ya, Ayah Bunda.

Nah Ayah Bunda bisa mulai mempraktekan beberapa tips terapi di atas tadi dengan sang anak agar anak kemampuan bicara anak meningkat.

Selain itu hal lain yang Ayah dan Bunda bisa lakukan yaitu mendukung proses belajar anak dengan menyediakan sarana atau fasilitas yang baik untuk anak dalam belajar.

Menyiapkan pendidikan usia dini bisa menjadi solusi yang baik bagi Ayah dan Bunda agar anak bisa belajar membaca, menulis dan berhitung lebih baik.

Proses belajar anak bisa lebih maksimal, karena anak akan di ajarkan oleh guru yang sudah memiliki pengalaman dan mereka biasanya mengetahui cara atau metode yang tepat dalam mengajari anak usia dini.

Salah satu cara yakni mendaftarkan anak ke lembaga pendidikan formal atau non formal seperti les privat.

Mengenal Les Privat Calistung

Les privat calistung anak, PAUD dan kindergarten merupakan sebuah sarana yang tepat bagi orang tua agar membantu anaknya belajar pelajaran dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

Selain kita bisa memantau proses belajar anak kita di rumah, anak juga akan ditangani oleh guru yang memiliki pengalaman dalam mengajar anak usia dini.

Salah satu lembaga les privat calistung adalah ALABACA. Yuk kenalan dengan ALABACA lebih dekat.

Apa itu ALABACA?

Guru Les Calistung Di Bekasi Barat

Pendaftaran

ALABACA merupakan lembaga yang menghadirikan guru datang ke rumah untuk belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Program ALABACA

Layanan guru privat dengan fokus belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, TK dan SD. Fasilitas yang menunjang pembelajaran meliputi materi belajar, aneka permain paper games (permainan dari kertas) dan video belajar.

Materi Belajar ini berisikan tuntunan belajar membaca, menulis dan berhitung mulai dari level dasar. Terbagi atas 4-5 bagian dalam setiap levelnya. Materi yang disusun telah melalui serangkai percobaan dan melalui Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan pengajar, orang tua dan psikolog anak.

Paper Games merupakan bentuk permainan yang dirancang agar memudahkan pemahaman anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Paper Games merupakan cara lain atau turunan dari materi belajar yang sajiannya dengan cara berbeda. Paper Games akan berfokus pada kecakapan motorik dan kognitif anak yang seimbang.

Video Belajar merupakan perancangan media belajar audio dan visual yang memberikan cara belajar lebih menarik. Selain menjadi sarana hiburan, video belajar akan membantu siswa mengingat dengan memori jangka panjang dengan baik.

Adapun tingkatan peserta meliputi :

-Les Privat Calistung untuk Anak Play Group

-Les Privat Calistung untuk Anak Taman Kanak-Kanak

-Les Privat Calistung untuk Anak Sekolah Dasar

Sedangkan fokus belajar meliputi :

-Les Privat Belajar Baca

-Les Privat Belajar Tulis

-Les Privat Belajar Hitung

Fasilitas Belajar ALABACA

Modul Belajar siswa disiapkan oleh lembaga untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Berupa materi belajar, games dan video. Modul ini dirancang oleh Tim ALABACA bekerjasama dengan guru, orang tua dan pakar anak agar membuahkan hasil yang maksimal. Modul belajar akan memiliki 5 level tingkatan setiap fokus (baca, tulis dan hitung) dan memiliki 4-5 bagian setiap levelnya.

Informasi bagi Ayah dan Bunda sebelum memasuki materi belajar akan ada pertemuan “ Persiapan “ untuk mengukur kemampuan dasar siswa.

Monitoring/Laporan Belajar siswa akan diterima oleh Ayah Bunda dan Wali untuk memantau progres pembelajaran yang sudah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi antara pengajar dan wali.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisikan materi dan target harian, mingguan dan bulanan secara sistematis. RPP akan diterima Ayah dan Bunda jika mengikuti kelas program baca, tulis dan hitung dengan paket yang ditentukan. RPP ini memudahkan pengajar dan siswa untuk memperoleh target dengan tepat.

Area Jangkauan Privat Calistung

Area Privat Calistung ALABACA meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Salah satu wilayah yang termasuk jangkauan layanan kami yakni di Bekasi Barat yang Meliputi Bintara, Bintara Jaya, Jakasampurna, Kota Baru, Kranji dan daerah lainnya yang masih berada di Bekasi Barat.

Usia Awal untuk Ikut Program ALABACA

Katagori pengelompokan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

Para Pengajarnya ALABACA

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

Cara Mendaftar ALABACA

Tahap 1

Sahabat ALABACA bisa mendaftar via WA, Email dan Online. (WA : 0852-1321-1110; Email : halo@alabaca.com). Lalu tim akan melamprikan form pendaftaran untuk diisi oleh Sahabat ALABACA. Silahkan mengembalikan setelah diisi dengan lengkap.

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curriculum Vitae (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga setelah membaca artikel di atas, dapat bermanfaat bagi Ayah dan Bunda untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.

So, Tim ALABACA tunggu Ayah Bunda segera. Selamat beraktifitas Sahabat ALABACA.

Guru Les Calistung Di Bekasi Barat “