0823-1054-0004 halo@alabaca.com

Guru Les Baca Tulis Di Pekayon | Privat Calistung TK, PAUD dan SD | Panggil Guru Calistung dan Beli Modul Belajar Baca Tulis Hitung

Salam Sahabat ALABACA, semoga dalam keadaan sehat ya untuk Ayah dan Bunda juga. Kali ini Tim ALABACA akan membahas Artikel Tema “Masuk TK atau Kursus Calistung saja, ya?” yang di kutip dari laman id.theasianparent(dot)com.

TK dan kursus Calistung, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tetangga sebelah memilih untuk memasukkan anaknya ke sebuah TK ternama, sementara tetangga depan rumah berkata, “Kalo cuma biar bisa baca, mendingan kursus calistung saja. “cepet, dan pasti kelihatan aslinya?” Jadi pilih yang mana, dong?

TK vs Kursus Calistung

Di samping masih maraknya pro-kontra calistung untuk anak Balita, sistem pendidikan di Indonesia yang masih mewajibkan calon peserta didik sekolah dasar untuk menguasai calistung, sehingga membuat kita, para orangtua, mau tidak mau memberikan latihan membaca, menulis dan berhitung sejak dini.

Berawal dari pemikiran inilah kemudian kursus calistung mulai berdiri. Selain itu, kemampuan peserta didik di TK yang beragam, sementara metode penyampaian pembelajaran yang tidak dapat menyesuaikan kebutuhan masing-masing murid, membuat kursus calistung semakin digemari.

Agar tidak semakin bingung, saya mencoba membuka file lama perbandingan sisi positif dan negatif antara TK dan kursus Calistung. Benarkah kursus calistung lebih tepat untuk persiapan masuk SD? Serta merupakan jalan pintas agar anak lebih menguasai ketrampilan membaca? Berikut rangkuman yang saya buat saat itu.

Kelebihan Dan Kekurangan TK

Lembaga pendidikan ini umumnya dipilih oleh banyak orang tua untuk mempersiapkan putra-putri mereka guna memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar.

TK dipandang sebagai lembaga yang lebih tepat untuk anak karena beberapa hal, di antaranya:

1. Kurikulum TK lebih komplit, tidak hanya berisi calistung saja

Kurikulum TK disusun tidak hanya mengembangkan aspek akademis, namun juga non-akademis. Seperti kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah.

Dengan demikian ilmu calistung yang didapat di TK, diharapkan akan dapat mendorong siswa untuk gemar membaca serta mampu menerapkan dan memanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mampu mengembangkan aspek sosial secara menyeluruh

Jumlah teman yang lebih banyak dibanding peserta didik yang ada di kursus calistung, memungkinkan anak untuk mengenal karakter teman dan guru yang lebih banyak. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi anak, saat kelak ia memasuki jenjang pendidikan SD.

Kelemahan TK dibandingkan Calistung

Meski memiliki kelengkapan kurikulum, namun TK juga memiliki beberapa kelemahan yang biasanya membuat para orang tua yang akhirnya memasukkan putra-putri mereka ke dalam lembaga kursus calistung.

Metode pengajaran di TK yang seragam, dan kadang tidak cocok bagi seluruh karakter murid; seringkali menyebabkan peserta didik TK tidak memiliki kemampuan yang sama. Bisa jadi beberapa anak sudah lancar membaca selepas TK, sementara yang lain masih belum bisa apa-apa.

Alasan seperti inilah yang membuat beberapa orang tua tetap mendaftarkan putra-putrinya untuk mengikuti kursus calistung. Kondisi seperti ini sebetulnya beresiko, karena bisa saja anak terlalu kelelahan dengan kegiatan belajarnya.

Kelebihan dan kekurangan kursus calistung

Seiring dengan tuntutan masuk SD yang mewajibkan murid barunya mampu dan mahir membaca, lembaga pendidikan non-formal ini masih menjadi favorit para orang tua. Berikut adalah beberapa kelebihan kursus calistung:

  • Waktu relatif lebih singkat dan bisa sesuai dengan jadwal yang di tentukan sendiri oleh Orangtua
  • Pada beberapa lembaga pendidikan model pengajaran bisa menyesuaikan dengan karakter anak didik
  • Jumlah siswa tidak terlalu banyak; sehingga guru sangat terfokus pada kemampuan anak
  • Materi berfokus pada kemampuan membaca dan berhitung
  • Belajar bisa sesuai target yang di inginkan

Sementara beberapa kelemahan lembaga ini adalah:

  • Kemampuan anak bersosialisasi dengan teman yang lain kurang
  • Anak yang akan mudah bosan, karena belajar sendiri tanpa ada teman sebaya
  • Biaya yang sebagian orang anggap mahal

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan antara TK dan kursus calistung. Mana yang terbaik? Tentu saja yang sesuai dengan karakter si Kecil di rumah.

Ayah dan Bunda dapat mengevaluasi seperti apa kebiasaan belajar atau tipe otak si Kecil.  Nah, semoga rangkuman saya bisa membantu Ayah dan Bunda di rumah untuk menentukan lembaga pendidikan apa yang tepat untuk anak.

Setelah kita mengetahui dan sudah mantap menentukan Lembaga Pendidikan yang tepat untuk anak, Ayah Bunda bisa mendaftarkan anak ke lembaga pendidikan formal atau non formal untuk mendukung anak untuk belajar dengan sarana atau fasilitas yang baik.

Mengenal Les Privat Calistung

Les privat calistung anak, PAUD dan kindergarten merupakan sebuah sarana yang tepat bagi orang tua agar membantu anaknya belajar pelajaran dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

Selain kita bisa memantau proses belajar anak kita di rumah, anak juga akan ditangani oleh guru yang memiliki pengalaman dalam mengajar anak usia dini.

Selain itu guru juga terfokus hanya untuk mengajar sang anak, sehingga bisa belajar sesuai target yang diingkan Ayah dan Bunda.

Salah satu lembaga les privat calistung adalah ALABACA. Yuk kenalan dengan ALABACA lebih dekat.

Apa itu ALABACA?

 

Guru Les Baca Tulis Di Pekayon

Pendaftaran

ALABACA merupakan lembaga yang menghadirikan guru datang ke rumah untuk belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Program ALABACA

Layanan guru privat dengan fokus belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, TK dan SD. Fasilitas yang menunjang pembelajaran meliputi materi belajar, aneka permain paper games (permainan dari kertas) dan video belajar.

Materi Belajar ini berisikan tuntunan belajar membaca, menulis dan berhitung mulai dari level dasar. Terbagi atas 4-5 bagian dalam setiap levelnya. Materi yang disusun telah melalui serangkai percobaan dan melalui Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan pengajar, orang tua dan psikolog anak.

Paper Games merupakan bentuk permainan yang dirancang agar memudahkan pemahaman anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Paper Games merupakan cara lain atau turunan dari materi belajar yang sajiannya dengan cara berbeda. Paper Games akan berfokus pada kecakapan motorik dan kognitif anak yang seimbang.

Video Belajar merupakan perancangan media belajar audio dan visual yang memberikan cara belajar lebih menarik. Selain menjadi sarana hiburan, video belajar akan membantu siswa mengingat dengan memori jangka panjang dengan baik.

Adapun tingkatan peserta meliputi :

-Les Privat Calistung untuk Anak Play Group

-Les Privat Calistung untuk Anak Taman Kanak-Kanak

-Les Privat Calistung untuk Anak Sekolah Dasar

Sedangkan fokus belajar meliputi :

-Les Privat Belajar Baca

-Les Privat Belajar Tulis

-Les Privat Belajar Hitung

Fasilitas Belajar ALABACA

Modul Belajar siswa disiapkan oleh lembaga untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Berupa materi belajar, games dan video. Modul ini dirancang oleh Tim Alabaca bekerjasama dengan guru, orang tua dan pakar anak agar membuahkan hasil yang maksimal. Modul belajar akan memiliki 5 level tingkatan setiap fokus (baca, tulis dan hitung) dan memiliki 4-5 bagian setiap levelnya.

Informasi bagi Ayah dan Bunda sebelum memasuki materi belajar akan ada pertemuan “ Persiapan “ untuk mengukur kemampuan dasar siswa.

Monitoring/Laporan Belajar siswa akan diterima oleh Ayah Bunda dan Wali untuk memantau progres pembelajaran yang sudah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi antara pengajar dan wali.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisikan materi dan target harian, mingguan dan bulanan secara sistematis. RPP akan diterima Ayah dan Bunda jika mengikuti kelas program baca, tulis dan hitung dengan paket yang ditentukan. RPP ini memudahkan pengajar dan siswa untuk memperoleh target dengan tepat.

Area Jangkauan Privat Calistung ALABACA

Area Privat Calistung ALABACA meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Salah satu wilayah yang termasuk jangkauan layanan kami yakni di Pekayon, Jakarta Timur.

Usia Awal untuk Ikut Program ALABACA

Katagori pengelompokan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

Para Pengajarnya ALABACA

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

Cara Mendaftar ALABACA

Tahap 1

Sahabat ALABACA akan menerima form pendaftaran yang dikirmkan via WA, Email dan Online. (Bila via WA atau Email. Silahkan mengembalikan setelah diisi dengan lengkap. (WA : 0852-1321-1110; Email : halo@alabaca.com)

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curriculum Vitae (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga setelah mengetahui ALABACA lebih dekat, dapat membantu Ayah dan Bunda di rumah untuk menentukan lembaga pendidikan apa yang tepat untuk anak.

So, Tim ALABACA tunggu Ayah Bunda segera. Selamat beraktifitas Sahabat ALABACA.

Guru Les Baca Tulis Di Pekayon “