0823-1054-0004 halo@alabaca.com

Salam Sahabat Alabaca, semoga Ayah dan Bunda selalu diberikan nikmat sehat wal afiat. Pada artikel kali ini, Tim Alabaca akan membahas tentang “Mendidik Anak Agar Cerdas”

Salah satu indikator seorang individu dapat dinilai cerdas apabila ia bisa menangkap apa yang dipelajarinya sehingga ia bisa memahami serta memecahkan suatu masalah. Kecerdasan juga dilihat dari seberapa berkembangnya nalar, emosi serta kemampuan motorik.

Menurut laman Infoanak, untuk mencapai hal-hal tersebut ada beberapa faktor penting yang memengaruhi.

Makanan

Mengonsumsi makanan sehat perlu diterapkan sejak bayi bahkan saat Ibu mengandung. Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu kecerdasan otak. Selain itu ASI juga sangat penting bagi bayi untuk mendukung perkembangan kecerdasan otak. Selain mengonsumsi makanan sehat, Ibu dan bayi juga perlu menghindari makanan yang mengandung zat-zat pengawet dan pewarna yang berlebihan.

Pengalaman

Pengalaman mengalami dan mempelajari hal-hal baru dapat menstimulan kecerdasan otak dan emosi anak. Dari pengalaman anak dapat belajar secara nyata. Anak akan lebih mengingat kejadian yang pernah dialaminya dibandingkan jika hanya sebatas diberi penjelasan oleh orang tua.

Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik seperti bermain dan berolahraga baik untuk perkembangan motorik anak. Ayah dan Bunda dapat mengajak anak untuk lari pagi bersama, bermain ke taman hingga kegiatan membersihkan rumah saat liburan. Perkembangan motorik sangat berpengaruh pada perkembangaan kecerdasan anak.

Pengembangan Potensi

Ketika anak sudah memiliki usia yang cukup serta kematangan dan kesiapan untuk belajar, saatnya orang tua untuk mengenalkan huruf dan angka secara perlahan kepada anak.

Apabila Ayah dan Bunda memerlukan bantuan untuk membimbing anak untuk belajar menulis dan membaca, saatnya mencari lembaga pendidikan yang cocok untuk mendukung proses belajar anak.

Lembaga bimbingan Alabaca adalah jawabanya. Yuk kenal lebih dekat dengan Alabaca.

apa itu ALABACA?

ALABACA merupakan lembaga yang menghadirikan guru datang ke rumah untuk belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Program ALABACA

Layanan guru privat dengan fokus belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, TK dan SD. Fasilitas yang menunjang pembelajaran meliputi materi belajar, aneka permain paper games (permainan dari kertas) dan video belajar.

Materi Belajar ini berisikan tuntunan belajar membaca, menulis dan berhitung mulai dari level dasar. Terbagi atas 4-5 bagian dalam setiap levelnya. Materi yang disusun telah melalui serangkai percobaan dan melalui Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan pengajar, orang tua dan psikolog anak.

Paper Games merupakan bentuk permainan yang dirancang agar memudahkan pemahaman anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Paper Games merupakan cara lain atau turunan dari materi belajar yang sajiannya dengan cara berbeda. Paper Games akan berfokus pada kecakapan motorik dan kognitif anak yang seimbang.

Video Belajar merupakan perancangan media belajar audio dan visual yang memberikan cara belajar lebih menarik. Selain menjadi sarana hiburan, video belajar akan membantu siswa mengingat dengan memori jangka panjang dengan baik.

Adapun tingkatan peserta meliputi :

  • Les Privat Calistung untuk Anak Play Group
  • Les Privat Calistung untuk Anak Taman Kanak-Kanak
  • Les Privat Calistung untuk Anak Sekolah Dasar

Sedangkan fokus belajar meliputi :

  • Les Privat Calistung Belajar Baca
  • Les Privat Calistung Belajar Tulis
  • Les Privat Calistung Belajar Hitung

Fasilitas belajar meliputi :

Modul Belajar siswa disiapkan oleh lembaga untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Berupa materi belajar, games dan video. Modul ini dirancang oleh Tim Alabaca bekerjasama dengan guru, orang tua dan pakar anak agar membuahkan hasil yang maksimal. Modul belajar akan memiliki 5 level tingkatan setiap fokus (baca, tulis dan hitung) dan memiliki 4-5 bagian setiap levelnya.

Informasi bagi Ayah dan Bunda sebelum memasuki materi belajar akan ada pertemuan “ Persiapan “ untuk mengukur kemampuan dasar siswa.

Monitoring/Laporan Belajar siswa akan diterima oleh Ayah Bunda dan Wali untuk memantau progres pembelajaran yang sudah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi antara pengajar dan wali.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisikan materi dan target harian, mingguan dan bulanan secara sistematis. RPP akan diterima Ayah dan Bunda jika mengikuti kelas program baca, tulis dan hitung dengan paket yang ditentukan. RPP ini memudahkan pengajar dan siswa untuk memperoleh target dengan tepat.

Area Jangkauan Layanan ALABACA

Area layanan kursus membaca dan menulis meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. khusus kursus membaca dan menulis untuk anak di Jakarta Pusat : Gambir, Tanah Abang, Menteng, Cikini, Gondangdia, Kemayoran, Sawah Besar dan sekitar

Usia Awal untuk Ikut Program ALABACA

Katagori pengelompokan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

Para Pengajarnya

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

Cara Mendaftar

Tahap 1

Sahabat ALABACA akan menerima form pendaftaran yang dikirmkan via WA, Email dan Online. (Bila via WA atau Email. Silahkan mengembalikan setelah diisi dengan lengkap. (WA : 0852 1321 1110; Email : halo@alabaca.com)

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curiculum Vitea (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga setelah mengetahui Alabaca lebih dekat, Tim dan Ayah Bunda bisa melakukan kerjasama untuk membantu siswa meningkatkan perkembangan motorik dan kognitif dengan baik.

So, Tim Alabaca tunggu Ayah Bunda segera. Selamat beraktifitas Sahabat Alabaca.