0852-1321-1110 halo@alabaca.com

Les Privat Calistung TK, PAUD dan SD | Panggil Guru Calistung dan Beli Modul Belajar Baca Tulis Hitung

Salam Sahabat ALABACA, semoga dalam keadaan sehat ya untuk Ayah dan Bunda juga. Kali ini Tim ALABACA akan membahas Artikel Tema “Belajar calistung yang menyenangkan bagi anak TK PAUD Usia Balita”

Untuk mendukung belajar dan tumbuh kembang anak usia dini, para guru dan orang tua hendaknya mengetahui cara yang tepat untuk mengajarkan membaca, menulis, dan menghitung. Berikut ini adalah beberapa cara mengajar calistung yang menyenangkan bagi TK yang di kutip dari gurudigital(dot)id.

  • Adakan pengenalan calistung melalui permainan edukatif

Ajarkan calistung (membaca, menulis dan berhitung) pada anak  TK dengan pemainan, permainan merupakan cara yang tepat bagi anak TK untuk dapat belajar membaca, menulis, dan berhitung karena anak- anak akan lebih mudah menerima hal yang baru dengan cara yang menarik. Permainan anak TK yang bisa digunakan untuk membantu tumbuh kembang adalah seperti permainan kartu. Untuk membantu anak belajar membaca, para guru dan orang tua bisa mengajak anak untuk bermain kartu dengan tema abjad dan angka.

  • Isilah kegiatan belajar membaca anak dengan lagu anak

Untuk memperkenalkan abjad pada anak usia dini seperti anak TK, kita bisa menggunakan lagu, misalnya lagu ABCD. Lagu anak TK yang satu ini cukup populer di kalangan anak- anak. Dengan menyanyikan lagu ini anak- anak akan belajar mengenali abjad dengan cara menyenangkan. Hal ini juga bisa menjadi langkah awal anak untuk belajar membaca.

  • Ajaklah anak untuk mengikuti pola garis putus- putus

Setelah anak mengenal abjad dan angka, ajak mereka untuk belajar menulis. Tahap pertama dalam belajar menulis adalah menirukan pola putus- putus. Cara ini cukup mudah dan cepat dalam mengajarkan anak menulis. Ajaklah anak untuk mengikuti pola garis putus- putus yang membentuk suatu angka atau huruf dengan mengikuti pola garis putus- putus tersebut, anak akan belajar mengenai keseimbangan dan gerakan tangan ketika menulis.

  • Sediakan gambar abjad dan angka serta pasanglah ditempat bermain anak

Situasi yang kondusif mempercepat proses belajar anak. Ciptakanlah situasi rumah yang kondusif dengan mnempelkan gambar abjad dan angka dikamar tidur atau ruang bermainnya. Jika seorang anak sering melihat angka dan huruf, lambat laun dia akan semakin familier dengan bentuk huruf dan angka

  • Pahami karakter serta suasana hati anak

Dalam mengajak anak belajar calistung (membaca, menulis, dan menghitung) guru dan orang tua harus mengetahui karakter masing- masing anak dan situasi hati seorang anak. Jangan paksakan anak TK untuk belajar calistung (membaca, menulis, dan menghitung) ketika ia sudah merasa lelah atau ngantuk.

  • Perhatikan durasi dalam mengajari calistung

Anak TK tidak bisa memusatkan perhatiannya terlalu lama terhadap satu hal. Jika kita mengajak anak untuk belajar calistung (membaca, menulis, dan berhitung) perhatikanlah durasi belajarnya. Anak TK hanya bisa memusatkan perhatiannya pada satu hal hanya selama 15 hingga 20 menit saja.

Untuk itu media belajar anak belajar calistung juga harus sangat di perhatikan, seperti memilih modul belajar baca, tulis dan hitung yang tepat. Modul Harus memiliki isi yang menarik, seperti bergambar dan bisa di jadikan permainan.

Modul Alabaca

Belajar calistung memang harus terus berprogres Sahabat. Maka perlu target atau goal yang jelas. But, Don’t Worry ya. Tim Alabaca telah merancang Modul baca, tulis dan hitung. Pertama, yuk kenalan dengan modul baca Ala. berikut kelebihanya.

Kelebihan Modul Baca Alabaca

1. Sistematis

Modul Alabaca dibuat secara sistematis agar siswa termotivasi untuk naik ke level berikutnya dan menghindari siswa merasa frustasi.

2. Printable

Modul Alabaca dilengkapi dengan penggelan huruf, kata, dan gambar yang dibentuk seperti kartu-kartu. Fasilitator (guru) dapat memotong bagian kartu-kartu tersebut sebagai media belajar.

3. Bergambar

Modul Alabaca dilengkapi dengan gambar sesuai dengan “kata sederhana” yang digunakan. Semisal bacaan “Bola“ maka akan terlampir gambar bola pula.

4. Penggelan kata

Modul Alabaca dilengkapi dengan Penggalan kata. Kata yang digunakan pada modul Alabaca menggunakan huruf-huruf yang sering digunakan dan mudah dilafalkan oleh siswa. Huruf tersebut yakni “BDKLP”. Contoh penggalan kata dengan huruf B yakni: BA, BI, BU, BE, BO.

5. Kata Sederhana

Modul Alabaca dilengkapi dengan Kata Sederhana lengkap menggunaka Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris disertai gambar.

6. Tes Baca

Modul Alabaca dilengkapi dengan Tes Baca. Tes baca menjadi indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa.

Bisa Digunakan Oleh Siapa Saja

Kelebihan yang lainnya yakni modul bisa digunakan untuk siapa saja. Murid, Guru dan Orang tua sekalipun bertindak sebagai fasilitator bisa digunakan.

Mengapa?

Karena dilengkapi dengan indikator keberhasilan siswa pada setiap volumenya.

So, guru ataupun orang tua bisa langsung gunakan dengan mudah.

Bahan Belajar PAUD, TK, SD dan Bimbel

Perlu diketahu Sahabat Ala. Bahwa Tim membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi instansi pemerintah dan swasta untuk menggunakan Modul ini.

Tentu saja Kami sudah persiapkan penawaran yang menarik.

Cara Pesan

Modul Calistung Alabaca. Info 0852-1321-1110

Cukup mudah. Sahabat Ala. bisa hubungi salah satu kontak handphone atau email dibawah. Silahkan ajukan pesenan.

Apabila Sahabat Ala perlu mengetahui rincian modul. Silahkan tanyakan

Handphone : 0852-1321-1110

Email : halo@alabaca.com / halo.alabaca@gmail.com

Kami tunggu dengan senang hati ya Sahabat Ala.