0823-1054-0004 halo@alabaca.com

Belajar Calistung Privat Di Pondok Labu | Privat Calistung TK, PAUD dan SD | Panggil Guru Calistung dan Beli Modul Belajar Baca Tulis Hitung

Salam Sahabat ALABACA, semoga dalam keadaan sehat ya untuk Ayah dan Bunda juga. Kali ini Tim ALABACA akan membahas “4 Cara jitu agar anak belajar berhitung dengan mudah” yang di kutip dari laman id(dot)theasianparent(dot)com.

Berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki anak. Berikut cara yang Parents bisa terapkan agar anak belajar berhitung dengan mudah.

Meski tak semua orang pandai matematika, namun berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai anak. Agar anak belajar berhitung dengan benar, Ayah dan Bunda haruslah mengajarinya sama seperti ketika mengajarinya membaca dan menulis.

Berikut ini 4 cara jitu agar anak belajar berhitung dengan benar yang bisa Ayah dan Bunda terapkan.

1. Kenalkan dan kuatkan pondasi dari konsep berhitung

Ajarkan  konsep berhitung yang tepat pada anak sejak dini. Hal ini akan menghindarkan anak dari kasus menghapal,

Menurut Chua Chin Loong, co-founder dan Head of Curriculum at Seriously Addictive Mathematics, berhitung dengan cara mengingat atau menghapal justru menimbulkan masalah pada anak kelak.

Mengenalkan konsep berhitung bisa dimulai dengan menghitung jumlah kancing baju anak, menghitung jari-jari tangannya ketika sedang mandi, menghitung jumlah mobil di parkiran, dan sebagainya. Buatlah kegiatan menghitung menjadi sesuatu yang menyenangkan.

2. Gunakan contoh yang konkrit atau pasti

Daripada sekadar menulis atau menunjukkan angka-angka pada anak, lebih baik tunjukkan dengan real object sesuai dengan jumlah yang diinginkan.  Misalnya, Parents ingin ajarkan konsep 3 tambah 2, gunakan lima buah apel atau lima keping lego ataau benda-benda apa pun yang sudah lebih dikenal anak.

Ambil 3 buah apel di atas meja, minta anak untuk menghitungnya. Lalu ambil 2 buah apel lainnya dan letakkan di samping 3 apel tadi.

Kemudian minta anak menghitung jumlahnya secara keseluruhan. Cara ini membuat anak belajar berhitung dengan mudah.

3. Buat progress berkala

Setelah anak belajar pertambahan menggunakan apel, saatnya Parents kenalkan konsep hitung pengurangan. Metode yang digunakan masih bisa menggunakan benda-benda yang ada di sekitarnya.

Parents bisa gunakan buah apel lagi, susun menyamping 5 buah apel. Lalu tanyakan terlebih dahulu pada anak, ada berapa buah apel yang ada di atas meja.

Jika anak berhasil menghitungnya, minta dia untuk ambil 2 buah apel. Letakkan buah apel di meja yang lain.

Tanyakan kembali, ada berapa buah apel yang tersisa. Sambil Parents melakukan ini, coba tuliskan angka 5 di atas kertas saat anak berhasil menghitung buah apel.

Lalu tuliskan angka 2 setelah ia mengambil 2 buah apel. Dan tuliskan angka 3 ketika ia berhasil menjawab berapa buah apel yang tersisa.

Anak akan belajar dua hal dari aktivitas ini yaitu mengenal metode hitung pengurangan beserta simbol angkanya. Intinya, saat anak menguasai suatu konsep berhitung, Parents bisa mengulang lalu menambahkan lagi dengan konsep baru.

4. Hindari memaksa anak belajar berhitung terlalu cepat

Ajarkan anak sesuai dengan tahap perkembangan dan tahap belajarnya. Jangan terburu-buru mengajarinya berhitung yang abstrak, karena yang cepat belum tentu tepat, Bunda.

“Jangan ajarkan anak ke tahap yang lebih advancejika ia belum paham dengan konsep dasarnya. Amati dan nilai kemampuan dan pemahaman si kecil. Jika diperlukan, kembali ke tahap awal. Meski hal ini terlihat buang-buang waktu dan energi, tidak apa-apa, Parents,” ucap Chua Chin Loong. Fokus Anda adalah si kecil memiliki kemampuan berhitung yang baik.

Kemampuan berhitung memang penting, tapi bukan segalanya, Bunda. Masih ada banyak lagi kemampuan anak yang perlu diasah, misalnya kemampuan berbahasa, kemampuan bersosialisasi, dan sebagainya.

Pengalaman fisik dan pengalaman matematis logis sangat penting dalam mengembangkan pengetahuan anak. Anak tak hanya butuh kemampuan berhitung, tapi juga pengalaman fisik, yang ia dapat dari bermain.

Nah setelah mengetahui cara belajar hitung diatas, Ayah dan Bunda bisa mulai mempraktekannya untuk proses belajar anak, namun Jika Ayah dan Bunda merasa kurang yakin untuk bisa mengajarkan sang anak dan ingin orang lain yang dirasakan lebih paham untuk mengajari anak dalam belajar, apalagi orang tua yang sibuk bekerja dan jarang memiliki waktu luang,

Ada cara lain yang dapat di lakukan yaitu dengan mendukung anak dengan menyediakan sarana atau fasilitas yang baik untuk anak dalam belajar, yakni seperti mendaftarkan anak ke lembaga pendidikan formal atau non formal seperti les privat.

Proses belajar anak bisa lebih maksimal, karena anak akan diajarkan oleh guru yang sudah memiliki pengalaman dalam menangani berbagaim macam karakter anak. Dan biasanya para guru mengetahui cara atau metode yang tepat untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.

Mengenal Les Privat Calistung

Les privat calistung anak, PAUD dan kindergarten merupakan sebuah sarana yang tepat bagi orang tua agar membantu anaknya belajar pelajaran dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

Selain kita bisa memantau proses belajar anak kita di rumah, anak juga akan ditangani oleh guru yang memiliki pengalaman dalam mengajar anak usia dini.

Salah satu lembaga les privat calistung adalah ALABACA. Yuk kenalan dengan ALABACA lebih dekat.

Apa itu ALABACA?

Belajar Calistung Privat Di Pondok Labu

Pendaftaran

ALABACA merupakan lembaga yang menghadirikan guru datang ke rumah untuk belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Program ALABACA

Layanan guru privat dengan fokus belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, TK dan SD. Fasilitas yang menunjang pembelajaran meliputi materi belajar, aneka permain paper games (permainan dari kertas) dan video belajar.

Materi Belajar ini berisikan tuntunan belajar membaca, menulis dan berhitung mulai dari level dasar. Terbagi atas 4-5 bagian dalam setiap levelnya. Materi yang disusun telah melalui serangkai percobaan dan melalui Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan pengajar, orang tua dan psikolog anak.

Paper Games merupakan bentuk permainan yang dirancang agar memudahkan pemahaman anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Paper Games merupakan cara lain atau turunan dari materi belajar yang sajiannya dengan cara berbeda. Paper Games akan berfokus pada kecakapan motorik dan kognitif anak yang seimbang.

Video Belajar merupakan perancangan media belajar audio dan visual yang memberikan cara belajar lebih menarik. Selain menjadi sarana hiburan, video belajar akan membantu siswa mengingat dengan memori jangka panjang dengan baik.

Adapun tingkatan peserta meliputi :

-Les Privat Calistung untuk Anak Play Group

-Les Privat Calistung untuk Anak Taman Kanak-Kanak

-Les Privat Calistung untuk Anak Sekolah Dasar

Sedangkan fokus belajar meliputi :

-Les Privat Belajar Baca

-Les Privat Belajar Tulis

-Les Privat Belajar Hitung

Fasilitas Belajar ALABACA

Modul Belajar siswa disiapkan oleh lembaga untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Berupa materi belajar, games dan video. Modul ini dirancang oleh Tim Alabaca bekerjasama dengan guru, orang tua dan pakar anak agar membuahkan hasil yang maksimal. Modul belajar akan memiliki 5 level tingkatan setiap fokus (baca, tulis dan hitung) dan memiliki 4-5 bagian setiap levelnya.

Informasi bagi Ayah dan Bunda sebelum memasuki materi belajar akan ada pertemuan “ Persiapan “ untuk mengukur kemampuan dasar siswa.

Monitoring/Laporan Belajar siswa akan diterima oleh Ayah Bunda dan Wali untuk memantau progres pembelajaran yang sudah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi antara pengajar dan wali.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisikan materi dan target harian, mingguan dan bulanan secara sistematis. RPP akan diterima Ayah dan Bunda jika mengikuti kelas program baca, tulis dan hitung dengan paket yang ditentukan. RPP ini memudahkan pengajar dan siswa untuk memperoleh target dengan tepat.

Area Jangkauan Les Privat Calistung

Area Privat Calistung ALABACA meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Salah satu wilayah yang termasuk jangkauan layanan kami yakni di Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Usia Awal untuk Ikut Program ALABACA

Katagori pengelompokan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

Para Pengajarnya ALABACA

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

Cara Mendaftar ALABACA

Tahap 1

Sahabat ALABACA dapat menghubungi staff kami di melalui WA : 0852-1321-1110 atau Email : halo@alabaca.com. Setelah itu staff kami akan melampirkan form pendaftaran yang dikirimkan via WA. Silahkan diisi dengan lengkap, lampirkan form tersebut kepada staff ALABACA.

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curriculum Vitae (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga setelah membaca artikel di atas, Ayah dan Bunda bisa lebih mengetahui cara mengajari anak berhitung dan bisa mulai mempraktekannya untuk proses belajar anak.

So, Tim ALABACA tunggu Ayah Bunda segera. Selamat beraktifitas Sahabat ALABACA.

“ Belajar Calistung Privat Di Pondok Labu “