0823-1054-0004 halo@alabaca.com

Salam Sahabat ALABACA, semoga dalam keadaan sehat ya untuk Ayah dan Bunda juga. Kali ini Tim Alabaca akan membahas “ 9 Cara Belajar Berhitung Sederhana untuk Anak 1-5 Tahun” yang dikutip dari laman id.theasianparent(dot)com.

Apakah Ayah dan Bunda Setuju Dengan Larangan Belajar Calistung Untuk Anak Usia Dini? 

Ayah dan Bunda, tak ada salahnya kita memperkenalkan angka dan menghitung melalui cara yang benar. Anak-anak belajar melalui bermain dan bereksplorasi. Sejak mulai bisa berjalan, mereka pun mulai mengeksplorasi dunia di sekitarnya, yaitu seisi rumah.

Dengan sedikit kreativitas, belajar berhitung bisa dilakukan dengan cara yang sangat menyenangkan.

Banyak sekali cara untuk mengajak mereka belajar berhitung sambil bermain. Cobalah 9 ide sederhana berikut, agar perkembangan kemampuan si Kecil lebih optimal.

Belajar berhitung dimulai dari hal-hal sederhana

1. Saat ulang tahun pertama, ajak ia mengenal angka 1

Mungkin kita tidak menyadari, bahwa saat si Kecil berulang tahun pertama pun ia sudah mulai mengenal angka melalui lilin di kue ulang tahunnya.

Manfaatkan momen tersebut untuk memperkenalkan angka lainnya, misalnya 2 dan 3 kepada mereka.

2. Menghitung makanan

Kita dapat mengajarkan berhitung angka 1, 2, dan 3 bahkan saat mereka makan.

Misalnya, taruh 2 butir kacang polong di sendoknya. Lalu katakan, “Ini ada 2 kacang polong untuk Adik….”

Begitu juga dengan permen ataupun coklat kancing kesukaannya. Ajak ia menghitungnya terlebih dahulu sebelum ia menyantapnya.

3. Daripada mengacak isi kulkas, ajak saja menghitung buah

Hampir setiap balita senang sekali mengacak acak isi kulkas. Mereka suka dengan buah-buahan yang bulat dan warnanya menarik.

Jadi, manfaatkan saja tomat, jeruk, atau apapun yang menarik perhatiannya untuk belajar berhitung.

4. Belajar berhitung melalui lagu

Lagu Satu Satu Aku Sayang Ibu, adalah salah satu lagu untuk belajar berhitung. Nyanyikan sambil memperagakannya dengan jari, sehingga si Kecil mulai mengenal hitungan 1, 2, dan 3.

Untuk anak yang lebih besar, lagu Balonku Ada Lima dapat melatih logikanya mengurangi bilangan.

Sayangnya tidak banyak lagu berbahasa Indonesia yang edukatif. Tak ada salahnya kita mengambil lagu anak-anak berbahasa Inggris agar mereka tumbuh jadi anak bilingual.

Untuk mencari lagu anak berbahasa Inggris, Anda bisa googling dengan kata kunci ‘nursery rhyme‘.

5. Menghitung saat memakai sepatu

Balita senang sekali mencoba sepatu Ayah dan Bunda bukan? Sepatu yang kebesaran dan sepatu berhak tinggi Bunda adalah sasarannya.

Nah cobalah ajak ia menghitung sepatu, karena mereka akan cepat sekali belajar melalui benda-benda yang menarik perhatiannya.

Setiap kali memakaikan sepatu kepada si Kecil, ajaklah menghitung sepatunya. Walau baru sampai angka 2, ini merupakan langkah yang baik untuk mengenalkan angka kepada mereka.

Untuk anak yang lebih besar, lanjutkan dengan menghitung beberapa pasang sepatu di rak sepatu.

6. Belajar berhitung melalui mainan

Ajak si Kecil belajar berhitung melalui mainan kesayangannya. Beberapa contohnya adalah:

  • Banyak anak suka mainan kereta. Tempelkan angka-angka di setiap gerbong kereta, lalu ajak ia merangkai gerbong-gerbong tersebut berdasarkan angkanya.
  • Hampir semua batita menyukai bola, ajaklah mereka memasukkan bola-bola ke dalam toples sambil menghitungnya.

7. Melalui Aplikasi

Tak dapat dipungkiri, games adalah salah satu cara belajar berhitung yang jitu untuk anak-anak.

Tips: selalu coba dulu mainkan aplikasi yang Anda unduh untuk anak, lalu temani mereka bermain. Batasi waktu bermain gadget, dan unduhlah hanya aplikasi-aplikasi edukatif yang bermanfaat bagi mereka.

8. Melalui film

Sayangnya film edukatif Indonesia sangat minim sekali. Walau kita dapat menemukan berbagai film untuk belajar berhitung di Youtube, tidak ada yang benar-benar bagus kualitas visual maupun kontennya.

Untuk film berbahasa Inggris, pilihlah film edukatif seperti Umizoomi, Baby Einstein, atau Sparkabilities yang banyak mengenalkan angka dan hitungan kepada anak-anak.

9. Kursus Calistung

Jika Ayah dan Bunda merasa kurang yakin untuk bisa mengajarkan anaknya dan ingin orang lain yang dirasakan lebih paham untuk mengajari anak dalam berhitung, maka kursus calistung adalah jawaban yang tepat.

Ayah dan Bunda, banyak sekali ide mengajak balita belajar berhitung bukan? Ayo, kita coba satu per satu, agar si Kecil lekas pandai mengenal angka dan berhitung.

Mengenal Kursus Privat Calistung

Kursus privat calistung anak, PAUD dan kindergarten merupakan sebuah sarana yang tepat bagi orang tua agar membantu anaknya belajar pelajaran dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.

Selain kita bisa memantau proses belajar anak kita di rumah, anak juga akan ditangani oleh guru yang memiliki pengalaman dalam mengajar anak usia dini.

Salah satu lembaga les privat calistung adalah ALABACA. Yuk kenalan dengan ALABACA lebih dekat.

Apa itu ALABACA?

Kursus Belajar Baca Tulis Hitung di Jakarta Timur

Pendaftaran

 ALABACA merupakan lembaga yang menghadirkan guru datang ke rumah untuk belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Play Group, Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Program ALABACA

Layanan guru privat dengan fokus belajar baca, tulis dan hitung untuk tingkat Playgroup, TK dan SD. Fasilitas yang menunjang pembelajaran meliputi materi belajar, aneka permain paper games (permainan dari kertas) dan video belajar.

Materi Belajar ini berisikan tuntunan belajar membaca, menulis dan berhitung mulai dari level dasar. Terbagi atas 4-5 bagian dalam setiap levelnya. Materi yang disusun telah melalui serangkai percobaan dan melalui Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan pengajar, orang tua dan psikolog anak.

Paper Games merupakan bentuk permainan yang dirancang agar memudahkan pemahaman anak untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Paper Games merupakan cara lain atau turunan dari materi belajar yang sajiannya dengan cara berbeda. Paper Games akan berfokus pada kecakapan motorik dan kognitif anak yang seimbang.

Video Belajar merupakan perancangan media belajar audio dan visual yang memberikan cara belajar lebih menarik. Selain menjadi sarana hiburan, video belajar akan membantu siswa mengingat dengan memori jangka panjang dengan baik.

Adapun tingkatan peserta meliputi :

-Les Privat Calistung untuk Anak Play Group

-Les Privat Calistung untuk Anak Taman Kanak-Kanak

-Les Privat Calistung untuk Anak Sekolah Dasar

Sedangkan fokus belajar meliputi :

-Les Privat Belajar Baca

-Les Privat Belajar Tulis

-Les Privat Belajar Hitung

Fasilitas Belajar ALABACA

Modul Belajar siswa disiapkan oleh lembaga untuk belajar membaca, menulis dan berhitung. Berupa materi belajar, games dan video. Modul ini dirancang oleh Tim ALABACA bekerjasama dengan guru, orang tua dan pakar anak agar membuahkan hasil yang maksimal. Modul belajar akan memiliki 5 level tingkatan setiap fokus (baca, tulis dan hitung) dan memiliki 4-5 bagian setiap levelnya.

Informasi bagi Ayah dan Bunda sebelum memasuki materi belajar akan ada pertemuan “ Persiapan “ untuk mengukur kemampuan dasar siswa.

Monitoring/Laporan Belajar siswa akan diterima oleh Ayah Bunda dan Wali untuk memantau progres pembelajaran yang sudah dilakukan. Sehingga tidak menimbulkan miskomunikasi antara pengajar dan wali.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisikan materi dan target harian, mingguan dan bulanan secara sistematis. RPP akan diterima Ayah dan Bunda jika mengikuti kelas program baca, tulis dan hitung dengan paket yang ditentukan. RPP ini memudahkan pengajar dan siswa untuk memperoleh target dengan tepat.

Area Jangkauan Kursus Belajar Baca Tulis Hitung di Jakarta Timur

Area kursus belajar baca tulis hitung ALABACA meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Salah satu wilayah yang termasuk jangkauan layanan kami yakni Jakarta Timur seperti Matraman, Pulo Gadung, Jatinegara, Duren Sawit, Kramatjati, Cipayung, Cakung, Pasar Rebo, Ciracas dan Sekitar.

Usia Awal untuk Ikut Program ALABACA

Kategori pengelompokan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

Para Pengajarnya ALABACA

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

Cara Mendaftar ALABACA

Tahap 1

Sahabat ALABACA akan menerima form pendaftaran yang dikirimkan via WA, Email dan Online. (Bila via WA atau Email. Silahkan mengembalikan setelah diisi dengan lengkap. (WA : 0852-1321-1110; Email : halo@alabaca.com)

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curriculum Vitae (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga setelah membaca artikel diatas Ayah dan Bunda bisa mengetahui cara belajar berhitung sederhana yang tepat untuk anak usia 1-5 Tahun.

So, Tim ALABACA tunggu Ayah Bunda segera. Selamat beraktifitas Sahabat ALABACA.

Usia Awal untuk Ikut Program ALABACA

Kategori pengelompokan belajar meliputi Anak-anak Play Group (mulai dari usia 3 tahun), TK dan Sekolah Dasar (tidak dibatasi usia).

Para Pengajarnya ALABACA

Pengajar ALABACA merupakan hasil seleksi, tes dan training yang cukup ketat. Rata-rata pengajar merupakan Mahasiswa, Alumnus dan Profesional dari perguruan tinggi seperti UI, UPI, UMJ, UGM,UNES, UNY, UMM dan UNJ.

Cara Mendaftar ALABACA

Tahap 1

Sahabat ALABACA akan menerima form pendaftaran yang dikirimkan via WA, Email dan Online. (Bila via WA atau Email. Silahkan mengembalikan setelah diisi dengan lengkap. (WA : 0852-1321-1110; Email : halo@alabaca.com)

Tahap II

Melakukan pembayaran biaya registrasi via transfer bank

Tahap III

Curriculum Vitae (CV) pengajar akan dikirimkan paling lambat 4 hari kerja.

Tahap IV

Konfirmasi kecocokan dengan pengajar. Apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pengajar seperti tidak disiplin (telat). Maka, wali atau Sahabat ALABACA bisa melakukan klaim pergantian pengajar (kembali pada tahap ke-III).

Semoga setelah membaca artikel diatas Ayah dan Bunda bisa mengetahui cara belajar berhitung sederhana yang tepat untuk anak usia 1-5 Tahun.

So, Tim ALABACA tunggu Ayah Bunda segera. Selamat beraktifitas Sahabat ALABACA.